denet

Enjoy share
 
IndeksIndeks    FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  AnggotaAnggota  GroupGroup  LoginLogin  

Share | 
 

 Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Tamu
Tamu



PostSubyek: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Wed Oct 10, 2007 3:38 am

Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?
setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:
a. Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi
motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
b. Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut
pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai
atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi
bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau
cenderung rusak.
c. Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika
motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara
terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor
lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah
mengalami perubahan.
d. Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah
suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin
tinggi.
e. Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,
penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya
hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan. (ry)



Berikut ini kiat kiat untuk menghemat BBM
BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,” jelas Freddy.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

JANGAN ENGINE BRAKE
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. “Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar,” terang Anggono yang bakal melepas lajang Minggu ini.

HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,”

JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
Kembali Ke Atas Go down
SepTa Guevara
Tukang Komentar
Tukang Komentar


Jumlah posting : 186
Age : 29
Location : JEMBER MY TOWN
Registration date : 09.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Thu Oct 11, 2007 1:10 am

Klo motornya YAMAHA V-80 kira2 masih bisa irit g ya???? :rabbit: :rabbit:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
suKa aNu
Molai Gaul
Molai Gaul


Jumlah posting : 57
Age : 32
Location : ^mOuNTaiN oF RoCk^
Registration date : 11.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Fri Oct 12, 2007 6:31 am

SepTa Guevara wrote:
Klo motornya YAMAHA V-80 kira2 masih bisa irit g ya???? :rabbit: :rabbit:

bisa kok mas...

g usa dpake aja..
pasti g kalong bensin...

irit sekali bukan?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.deckee-mokong.com/
SepTa Guevara
Tukang Komentar
Tukang Komentar


Jumlah posting : 186
Age : 29
Location : JEMBER MY TOWN
Registration date : 09.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Sat Oct 20, 2007 1:35 am

suKa aNu wrote:
bisa kok mas...

g usa dpake aja..
pasti g kalong bensin...

irit sekali bukan?


Wah-Wah...

Saran anda benar2 tidak bermanfaat...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
suKa aNu
Molai Gaul
Molai Gaul


Jumlah posting : 57
Age : 32
Location : ^mOuNTaiN oF RoCk^
Registration date : 11.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Sat Oct 20, 2007 2:35 am

wah..

bukannya g bermanfaat bang..tapi itu adalah salah satu tips menghemat bahan bakar..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.deckee-mokong.com/
MorningKidz
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 103
Registration date : 09.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Sat Oct 20, 2007 9:37 am

Kepet kon Deck,org ngmng serius2 kon malah guyon tok ae!!!kasih saran yg berguna doNk.Klo masalah itu arek cilik yo eroh.Dasar OP yg aneh:lol!:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
suKa aNu
Molai Gaul
Molai Gaul


Jumlah posting : 57
Age : 32
Location : ^mOuNTaiN oF RoCk^
Registration date : 11.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Sat Oct 20, 2007 11:23 pm

MorningKidz wrote:
Kepet kon Deck,org ngmng serius2 kon malah guyon tok ae!!!kasih saran yg berguna doNk.Klo masalah itu arek cilik yo eroh.Dasar OP yg aneh:lol!:

haduh...
dimarahin deh..
maaf y mas dito...

oia..
saya bukan op kok mas..
saya cumaK yuser ajaH..
:scratch: :scratch: :scratch:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.deckee-mokong.com/
dp10
DenetMania
DenetMania


Jumlah posting : 458
Location : Warnet lah..!
Registration date : 09.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Sun Oct 21, 2007 7:01 pm

BatMaN wrote:

Berikut ini kiat kiat untuk menghemat BBM
BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,” jelas Freddy.

kapan aku ngomong ?? :?: :?:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
SepTa Guevara
Tukang Komentar
Tukang Komentar


Jumlah posting : 186
Age : 29
Location : JEMBER MY TOWN
Registration date : 09.10.07

PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Mon Oct 22, 2007 3:04 am

Y iku fred...

Sjk kapan km tau tenteng otomotif????

Membedakan antara gas dan rem saja km tidak bisa....

lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat   Today at 9:33 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
Penyebab Motor jadi Boros Bensin & Kiat cara Menghemat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya
» Tips/Cara Menjaga Hubungan Cinta
» CARA MEMPERBESAR ALAT PRIA
» Mengapa Mereka tetap Mengemis?
» Cara Membuat Aplikasi Facebook

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
denet :: Pengetahuan :: Otomotif-
Navigasi: